TERUNGKAP SUDAH!!! Ternyata "Gambar Ayam Jago" di Mangkuk Legendaris Ini Punya Makna Loh

Rabu, 13 April 2016


BuzzThread - Mangkuk ini banyak digunakan oleh pedagang makanan seperti bakso, mie ayam, soto, dan lain-lain. Di Indonesia tidak sulit menemukan mangkuk keramik bergambar ayam jago tersebut.

Bisa dikatakan mangkuk gambar ayam jago sudah melegenda di Tanah Air. Acapkali kita mengacuhkan gambar ayam jago yang tercetak jelas di pinggir mangkuk.

Padahal asal kita tahu, gambar ayam pada mangkuk ini dicetak bukan tanpa alasan. Dirangkum dari berbagai sumber, ditemukan jika gambar ayam jago di mangkuk dikatakan mewakili simbol kemakmuran.

Ayam dalam budaya China dikaitkan dengan kelancaran rezeki. Ada pepatah yang mengatakan manusia harus bangun pagi agar rezekinya tidak dipatuk ayam.

Tentunya lewat gambar ayam para pedagang berharap bisa memperoleh rezeki yang lapang. Fakta lainnya, mangkuk dengan diameter atas 16.5 cm, diameter bawah 9 cm, dan tinggi 6 cm tersebut juga banyak diimpor dari China.

Secara historis, filosofi simbol ayam juga sudah dikenal sejak zaman dinasti Ming.

Sejarah Mangkuk

Menurut Wikipedia, mangkuk ditemukan selama penggalian arkeologi di Amerika Utara. Antropolog Vincas Steponaitis mendefinisikan mangkuk dengan dimensinya.

Dia menulis bahwa mangkuk bersejarah dapat diklasifikasikan oleh tepi mereka, atau bibir, dan bentuk.

Di Inggris atau Amerika Serikat, mangkuk sup standar memiliki mulut, pembukaan (tidak termasuk sejauh mana bibirnya), dengan diameter 18,5 cm, dan harus mampu mengakomodasi setidaknya 24 ons cairan.

Dalam kisah klasik Yunani, mangkuk kecil termasuk phiales dan pateras, dan cangkir berbentuk mangkuk yang disebut kylices. Sejarah Pottery Kuno menjelaskan bagaimana phiales digunakan untuk persembahan.

Membuat Heboh

Gara-gara jaketnya, vokalis Joe Jonas (26), mantan personel band Jonas Brothers dari Amerika Serikat (AS), membuat heboh sejumlah netizen Indonesia.

Betapa tidak? Pada jaket itu tertera gambar-gambar yang dekat dengan publik Indonesia, mulai dari mangkuk cap ayam jago untuk wadah makan mi bakso, botol saus tomat, sendok dan garpu, petai, hingga uang kertas Rp 50.000 dan Rp 100.000.

Jaket itu dikenakan oleh Joe ketika menghadiri Kari Feinstein's Style Lounge, Park City, Utah, AS, Sabtu (23/1/2016) waktu setempat.
Joseph Adam "Joe" Jonas (lahir di Casa Grande, Arizona, 15 Agustus 1989) adalah penyanyi, musisi dan aktor asal AS.
Ia merupakan anggota Jonas Brothers bersama saudaranya Nick dan Kevin.
Ia berperan sebagai Joseph Lucas dalam serial televisi JONAS.


Ia juga mempunyai seorang adik laki-laki yang bernama Frankie Jonas.

Namanya juga sering dipasangkan dengan penyanyi solo-pop, yang bernama Demi Lovato, karena pernah dipasangkan dengan Lovato di filmnya yang berjudul Camp Rock.
"Mangkok ayam jagonya sih yang paling pecah (menghebohkan). Hahaha," tulis salah seorang netizen, sebagaimana dikutip Kompas.com .
"Monogram is out, mangkok bakso & pekgo (150.000 rupiah maksudnya) notes are in. How Joe Jonas defines sartorial Indonesian street wear," tulis seorang netizen yang lain.
Laku Rp 354 Miliar
Barang antik berupa mangkuk bisa dijual sangat mahal. Mangkuk Ruyao Washer, contohnya, laku dijual US$ 26,65 juta atau Rp 354,18 miliar (kurs: Rp 13.290/US$) pada 2012.

Saat itu sang pembeli berhasil mengalahkan delapan pembeli lain yang bermaksud membeli cawan keramik kuno itu. Cawan atau mangkuk berbentuk bunga itu berhasil mencetak rekor baru untuk penjualan keramik dari Dinasti Song dengan harga sangat tinggi.

Inilah foto mangkuk keramik dari Dinasti Song yang berusia 900 tahun.



Mangkuk berusia 900 tahun itu kabarnya dibuat dengan dibakar di atas api bersuhu sangat ekstrem.
Beberapa media luar negeri, antara lain, Metro.co.uk, Forbes, dan The Telegraph, mengulas penjualan mangkuk Ruyao Washer , pada 2015 lalu, tepatnya pada 18 Juni 2015. 

sumber : ardina
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar test